Film terbaik Mikey D sejauh ini….

Dari sekitar 40an film Michael Douglas yang pernah dia buat, aku mungkin baru nonton separuhnya. Separuhnya lagi adalah film-film lawas Michael yang susah banget didapet, dan juga nggak beken.

Film Mike yang sering mendapat pujian adalah saat dia memerankan tokoh antagonis. Contoh: Wall Street, Falling Down (meskipun aku lebih merasa kasihan sama dia), A Perfect Murder (yang sebenernya juga favoritku, tapi aku benci karena Mike mati di akhir cerita). Dan dia dapet Oscar untuk kategori pemeran utama pria terbaik lewat film Wall Street (1987). And it was a remarkable role for him, Gordon Gekko.

But these are my top 3 of Mike’s movies:
1. The Game
2. Wonder Boys
3. The American President


The American President menceritakan tentang presiden Amerika (berstatus duda dengan seorang anak) yang sibuk dalam pemilihan presiden untuk masa jabatan mendatang. Kondisi politik yang dibalut dengan drama romantis antara sang presiden dengan aktivis lingkungan hidup bener-bener membuat aku luluh dengan film ini. Sosok presiden yang charming, tenang menghanyutkan, tegas, kocak dan romantis tergabung menjadi satu dan diolah dengan luar biasa oleh Michael Douglas.
 

Wonder Boys tentang kehidupan seorang dosen sastra, yang sekaligus seorang penulis novel best selling, yang sedang menghadapi krisis dalam hidupnya: writer’s block, perceraian, terlibat dalam kehidupan salah satu mahasiswanya yang rumit, dan perselingkuhannya dengan istri dekan. Kesuraman hidup dosen itulah yang menjadi inti cerita film ini. Dan dengan brilian dibawakan dengan nuansa komedi satir yang mengena. That’s life!

Orang mungkin bilang kalau film terbaik Mike adalah Wall Street, Falling Down, atau Wonder Boys. Tapi buatku, film terbaik Mike dari jajaran box office-nya selama 40 tahun dia berkarir adalah The Game. Film thriller psikologisnya dengan Sean Penn. The Game berhasil mengasah rasa deg-degan dan penasaranku. Dengan cara yang luar biasa.

Film bergenre action, misteri dan thriller ini bercerita tentang duda pengusaha yang kaya raya dan hidup di rumah bergaya kastil Eropa, yang mendapat hadiah ulang tahun dari adik kandungnya (Sean Penn). Hadiah itu adalah ‘sebuah permainan’ yang membawa dia ke dalam bahaya yang tidak hanya mengancam usahanya, tapi juga hidupnya. Emosi kita bakal teraduk-aduk waktu nonton film ini. Aku aja deg-degan sepanjang nontonnya. Such a twisted ending. Satu kata: brilian.

Semakin ke sini, film-film yang diambil Mike memang lebih ‘kalem’. Ya, genrenya, ya sosoknya. Bahkan dia nggak segan buat nerima peran kecil. Dan itulah yang kukagumi dari dia, dia nggak mementingkan seberapa besar perannya dalam sebuah film, tapi dia akan tetap ngebuat karakter yang dia perankan membekas. Contohnya adalah peran-peran kecilnya di Ghosts of Girlfriends Past; You, Me and Dupree; dan Beyond A Reasonable Doubt.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s