30 Rock (2006 – present)

30 Rock adalah salah satu sitkom yang aku ikuti beberapa waktu terakhir. Aku tonton maraton semua episodenya dari season 1 sampai season 5. Sitkom ini berkisah tentang dinamika kehidupan kepala penulis acara sketsa komedi di stasiun NBC, Liz Lemon (diperankan Tina Fey). Mulai dari masalah pribadinya, yaitu pacarnya yang masih berganti-ganti di usia yang menjelang kepala empat, sampai masalah di kantor dengan penulis naskah dan artis acara sketsa komedinya. Dan satu kata buat 30 Rock: lucu. Parah! :))

Kreator serial ini adalah Tina Fey sendiri. Dia menggunakan pengalaman pribadinya saat dulu dia pernah bekerja sebagai headwriter acara Saturday Night Live (kalau di sini kayak Extravaganza gitu). Dan banyaaaaaak banget orang SNL yang tampil di 30 Rock silih berganti. Secara produser 30 Rock pun salah satunya adalah produser SNL, Lorne Michaels.

Suami Tina Fey, Jeff Richmond, juga ambil bagian di serial ini. Dia adalah music director dan komposer lagu-lagu yang diputar di 30 Rock. November 2010 kemarin mereka ngeluarin album original soundtrack 30 Rock, yg sebagian berupa instrumen gubahan Richmond, dan sebagian lagi lagu-lagu yang dinyanyikan cast-nya selama 30 Rock mengudara sepanjang lima season itu. Albumnya? MANTEB SORO. :D Monggo didengar. Aliran Richmond emang jazz.
Dan karena penyanyinya adalah pemain 30 Rock sendiri, maka jangan heran kalau ada nada-nada yang sumbang di beberapa lagu. Emang dibuat apa adanya seperti saat di tivi. Dan itulah nilai lebihnya album ini. Musiknya wenak, bikin ketawa pula! :D

Liz Lemon

Liz Lemon. Penulis berusia 40 tahun ini belum menikah dan terakhir menjalin hubungan dengan seorang pilot bernama Carol (Matt Damon). Tapi hubungan itu juga kandas karena saking miripnya sifat dan karakter mereka, mereka nggak ada yang mau ngalah. Pasangannya berganti-ganti sepanjang lima season, dan hampir semuanya diperankan aktor kece. :))

Liz disukai sekaligus dibenci sama para bawahannya. Dia sering dilecehkan dan dijadikan bahan guyonan karena dia perfeksionis, strict dan bawel. Tapi dia juga disuka karena kalau sudah mentok, semua kerjaan bawahannya diselesaikan sendiri olehnya.
Hampir selalu dia yang menghadapi kegilaan dua bintang utama The Girly Show with Tracy Jordan (sketsa yang dia tulis).
Dia berteman baik dengan atasan sekaligus mentornya, Jack Donaghy.

Jack Donaghy

Jack Donaghy (Alec Baldwin). Pemimpin jaringan mikrowave sekaligus NBC ini adalah atasan Liz Lemon. Jack menawarkan diri menjadi mentor Liz untuk mencapai kesuksesan karena dia melihat Liz punya semua komponen yang dibutuhkan untuk menjadi mentee-nya. Dan dari hubungan kerja dan guru-murid itulah, dia jadi dekat sekali dengan Liz. Meski tidak pernah ada ketertarikan lain (yang ditunjukkan secara terang-terangan, biasanya samar) di antara mereka, tapi hubungan mereka sampai pada batas dimana tunangan Jack, Avery Jessup (diperankan Elizabeth Banks), kesal dan merasa Jack-Liz terlalu bergantung satu sama lain.

Jack-Liz pernah tidak sengaja menjadi suami istri karena kesalahan sertifikat saat Jack akan menikah dengan Avery (ini episode paling guoblok di season lima!!). Dan ‘perceraian’ mereka harus melewati konselor karena mereka tidak mau hubungan mereka berubah karena ‘pernikahan’ itu.
Jack juga punya sejarah percintaan yang panjang. Pacarnya berganti-ganti dan kebanyakan ceweknya bikin heboh (he’s a lucky basterd). Seperti Condoleza Rice (ya, I know, I know…), sampai Salma Hayek! :D
Dia punya satu anak perempuan dengan istrinya Avery, yang diberi nama tengah Elizabeth (diambil dari nama Liz Lemon), sebagai simbol terima kasihnya pada Liz yang sudah sangat berjasa saat membantu Avery menyembunyikan kehamilannya demi karirnya (Avery adalah penyiar dan jurnalis terkenal).
Jack ini orangnya baiiiiiik banget. Kelihatannya emang nyebelin, tukang ngatur, tapi aslinya baiiiiik banget dan sangat sangat sangat perhatian pada bawahannya.

Jenna Maroney

Jenna Maroney (Jane Krakowski). Sahabat Liz selama lebih dari 10 tahun sejak mereka masih tinggal di Chicago dan sama-sama memulai karir di dunia entertainmen dari bawah.

Jenna ini karakter yang aku suka banget dari serial ini. Meski dia adalah tukang cari perhatian, drama queen, lebay parah, guoblok banget kadang-kadang, nggak pernah mau dianggap tua (selalu malsuin umurnya dan nggak terima dikasih peran ibu-ibu), tapi itu semua yang bikin dia lucu dan bikin kita bersimpati sama dia. :)
Di balik semua sifatnya yang nyebelin dan luar biasa begonya, dia punya masalah percintaan (ya, hampir semua karakter punya masalah percintaan). Aku kasihan karena dia nggak pernah dapet pacar yang baik, dimanfaatin laki-laki, dan selalu milih laki-laki yang salah.
DAN nggak ketinggalan masalahnya dengan ibunya. Ibunya hanya dateng ke dia saat mau minta duit. Dan Jack sampai harus ngebayar ibunya ($3000 tiap pertemuan) agar mau datang empat kali dalam setahun untuk ketemu Jenna. Biar Jenna nggak sedih. :)

Tracy Jordan

Tracy Jordan (Tracy Morgan, salah satu mantan bintang SNL yang dibawa Tina dan Lorne ke 30 Rock). Saat pertama kali masuk ke acara TGS, dia sedang mengalami krisis. Dan Liz menolak orang ini masuk karena kondisi kejiwaannya sedang tidak stabil. Tapi Jack berhasil meyakinkan Liz, dan setelah Tracy masuk, acaranya sukses.

Masuknya Tracy ngebuat Jenna sempat stres karena Jenna takut posisinya di TGS tergeser bintang baru dan dia kehilangan pamor. Meski Tracy dan Jenna sama-sama bego dan bersikap seolah mereka ini bintang nomor satu, tapi kelamaan mereka akur juga.
Tracy dan Jenna adalah gabungan segala kebodohan seorang selebriti. Sotoynya, begonya, narsisnya. Semua jadi satu. Dan mereka LUCU PARAH MAKSIMAL! :))

Kenneth Parcell

Kenneth Parcell (Jack McBrayer). Kenneth adalah pegawai NBC yang serbabisa. Dia cinta sekali sama pertelevisian dan mengabdikan hidupnya untuk bekerja di televisi. Dia selalu ngelakuin apapun, APAPUN, untuk Jenna dan Tracy, meski hal itu goblok dan nggak masuk akal.

Kenneth ini baiknya parah, dan dia selalu ceria. Dia ini tulus, polos, cenderung bego. Orangnya luar biasa rajin. Dan dia ini satu-satunya orang NBC yang ditakuti oleh Jack Donaghy, karena meski kelihatannya bego, karakteristik Kenneth mirip dengannya.
Meski kelihatannya Kenneth masih berumur sekitar 20an, tapi sejatinya nggak ada yang tahu berapa umur asli Kenneth. This is like, seriously, sengaja dijadikan misteri dan Kenneth seolah-olah karakter mistis.
Kalau mau merhatiin, dari season 1-5, ada banyak hints yang bisa dijadikan petunjuk berapa sebenarnya umur Kenneth. Semua petunjuk itu kalau digabung jadi satu, kayaknya Kenneth ini lahir sebelum tahun 1920an. And it for reals. Bukan buat guyonan. :))
Di episode ke 100 di season lima kemarin, ketika Kenneth, Jenna dan Tracy ngebayangin akan jadi apa mereka lima tahun ke depan, dan kebetulan mereka semua membayangkan mereka akan mati di tahun 2016, saat nisan Kenneth ditunjukkan, tahun lahirnya tertulis 1781! Medeni. :))

Itu tadi lima karakter utama 30 Rock. Dan masih banyaaaak lagi, seperti produser TGS, staf penulis Liz, ibunya Jack, bodyguard Tracy,  Dr. Spaceman (dokter segala macam poli yang SEMUA penyakit orang-orang di 30 Rock, dia yang nanganin. FYI, dokter iki gendeng!), dan masih banyak lagi karakter yang mengocok perut.

Sejauh ini, 30 Rock adalah serial favoritku. Baru ini serial yang bisa bikin gulung-gulung nggak karuan ketika aku nonton di laptop di atas tempat tidurku. Lucunya parah.
Tanya orang-orang Amerika, dan sini kasih tahu aku kalau ada yang bilang 30 Rock nggak lucu. Lucunya itu bikin misuh-misuh, “Serial opo seh iki sakjane. Goblok banget.” Hehehe.

Belum telat kalau mau ngikutin serial ini. Runtime-nya cuma 20 menit. Lima season paling habis tiga hari kalau ditonton tanpa keluar kamar dan makan dan mandi dan kuliah dan sebagainya. Hehehe. ;)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s