Cougar Town (2009 – present)


Satu lagi tv series Amerika yang menggugah selera. Tapi tunggu dulu, jangan terkecoh sama judulnya. Bisa jadi orang malas melirik serial ini karena judulnya yang terkesan bitchy. Tidak mengapa. Awalnya aku juga begitu. Tapi setelah menonton dan jatuh hati pada Courteney Cox di serial lawas Friends, aku jadi penasaran dengan aktingnya di luar peran Monica Geller. Makanya aku memutuskan untuk mengikuti Cougar Town, yang untungnya baru dua season, jadi download-nya nggak perlu ngoyo… :P

Cougar Town adalah series with ensemble cast. Mirip dengan Friends, How I Met Your Mother, dan Modern Family. Semua karakternya merupakan tokoh utama yang tidak bisa dipisahkan atau lebih ditonjolkan dari yang lain.
Ceritanya berseting di sebuah kota fiksi di negara bagian Florida, Cougar Town.

Jules Cobb

Awalnya cerita di serial ini berpusat pada karakter Jules Cobb (Courteney Cox), seorang wanita karir yang baru bercerai dan menjadi single mother dari seorang anak remaja, dan memutuskan untuk re-live masa mudanya yang hilang karena menikah dan punya anak di usianya yang kini berkepala empat. Cukup menjelaskan makna tagline series ini: 40 is the new 20. :D
Jules sendiri digambarkan (entah sengaja atau tidak atau memang tidak ada kaitannya) kurang lebih mirip dengan Monica Geller. Mereka sama-sama obsesif dengan sesuatu, bossy, neurotik, dianggap sebagai ibu di peer group mereka.

Beberapa episode pertama di season satu berkutat pada Jules yang berganti-ganti pasangan (yang mana mereka adalah berondong), dan bagaimana coping strategy-nya untuk mengatasi pandangan negatif orang-orang di sekitarnya. Namun setelah itu, kita akan merasakan pergeseran fokus cerita di serial ini.  Dimana bukan lagi Jules dan brondong-brondongnya yang jadi pusat cerita, tapi tentang Jules dan sahabat-sahabatnya, yang disebut dengan Culdesac Crew (yang notebene adalah tetangga, pegawai, anak dan bahkan mantan suaminya). :D
Creator serial ini bilang sayang sekali apabila sahabat-sahabat Jules itu terpinggirkan, padahal masing-masing dari mereka punya keunikan dan disfungsionalitas yang layak untuk ditonjolkan.

Ellie Torres (Christa Miller, istri Bill Lawrence, creator serial ini), salah satu anggota Culdesac Crew ini merupakan (mengaku) sahabat terbaik Jules. Dia sudah kenal dengan Jules sejak mereka masih muda. Ibu dari satu anak yang masih berumur setahun ini dulunya adalah pengacara (tapi berhenti bekerja setelah punya anak), terkenal sarkastik dan berkuasa penuh atas suaminya. Meski terkesan nggak pedulian dan selalu mengritik semua hal di Culdesac Crew, Ellie sebenarnya perhatian.

Laurie Keller (Busy Phillipps) adalah pegawai sekaligus asisten Jules di kantor real estate-nya. Usianya masih sekitar 25 tahun. Laurie ini sangat spontan, ceplas-ceplos dan apa adanya. Jiwa mudanya lah membuat serial ini tidak terasa hanya ditujukan bagi penonton usia di atas 30 tahun.
Tipikal blondie, dia ini agak-agak bego. Dia juga merupakan ‘musuh besar’ Ellie. Mereka sering berdebat siapa di antara mereka yang merupakan sahabat terbaik Jules. Dan menurutku, pertengkaran mereka itulah yang membuat serial ini lucu. :)

Travis Cobb (Dan Byrd). Anak tunggal Jules yang mulai masuk bangku kuliah. Meski kadang jengah, jengkel, dan segalanya pada kedua orangtuanya yang benar-benar disfungsional, toh aslinya Travis sangat peduli dan sayang pada mereka. Pemuda ini berusaha keras agar lepas dari jeratan ibunya yang terlalu memanjakan dan menganggapnya belum dewasa. Tanpa dia sadari bahwa perlakuan ibunya padanya itulah yang membuat dia sulit bertahan dari goncangan yang menerpa di hidupnya.

Grayson Ellis

Grayson Ellis (Josh Hopkins), personel Culdesac Crew yang merupakan seorang duda tanpa anak, gemar berganti-ganti cewek pasca perceraiannya, antisosial, sering berseteru dengan Jules.  Tapi semua itu berubah saat dia mulai dekat dengan Culdesac Crew, grup kecil itu akhirnya jadi teman sekaligus keluarganya. Terlebih lagi ketika dia akhirnya pacaran sama Jules. :)
Dia juga pemilik bar dan musisi dadakan. Dia sering bikin lagu dan nyanyi di depan Culdesac Crew dengan gitar kecilnya yang punya stiker mawar di sisi-sisinya. :))

Bobby Cobb

Bobby Cobb (Brian Van Holt) adalah mantan suami Jules. Jules menceraikan dia karena dia dulu doyan selingkuh dan tidak pernah ada bagi keluarganya. Pria ini dulunya adalah atlet golf profesional. Tapi sekarang dia bangkrut, bekerja sebagai pelatih golf, tidak punya rumah, dan tinggal di sebuah kapal yang diparkir di sebuah parking lot. He’s a lazybones. And seems like a loser. Tapi dia bangga dengan apa yang dia miliki sekarang. Dia tidak pernah merasa terpuruk karena dia yakin dia harus jadi role model bagi Travis. Overall, he’s a good father. Despite those things, he becomes someone who Travis can count on and look up to.

Andy Torres

Andy Torres (Ian Gomez) ini jelas suaminya Ellie. Pria ini, saat di kantor, bisa benar-benar galak dan berkuasa. Tapi saat sudah di rumah, dan di antara Culdesac Crew dia benar-benar jadi pria yang berbeda. Dia supernurut dan bertekuk lutut sama Ellie. Dia juga sering jadi sasaran olokan Jules dkk. Dan dia adalah penggemar berat Bobby. Obsesinya terhadap Bobby jugalah yang menjadikan karakternya begitu kocak. :D

Serial ini diproduseri oleh Courteney Cox dan David Arquette melalui rumah produksi mereka, Coquette Productions. Merasa bahwa judul serial ini tidak lagi relevan dengan konsep keseluruhan cerita, Bill Lawrence dan mereka-mereka ini merasa bahwa perlu ada penggantian judul. Kita lihat saja nanti.

Setelah melalui berbagai macam kritik pedas di season 1, serial ini menggebrak di season 2 dan jadi salah satu comedy hit di stasiun tv ABC, selain serial Modern Family. Sempat masuk nominasi Golden Globe tahun ini sebagai best comedy series, namun tidak menang, sudah merupakan prestasi besar tersendiri bagi Cougar Town. Kita tunggu kelanjutan kisah Culdesac Crew di season 3 yang rencananya akan tayang sekitar November 2011 nanti. :)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s